DSpace Repository

Implementasi Taḥsīn Tartīl Al-Qur‟an Metode Maisūrā dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur‟an (Studi Kasus Mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Litakuna Karima
dc.contributor.author Hopipah, 20312324
dc.date.accessioned 2024-11-04T04:04:16Z
dc.date.available 2024-11-04T04:04:16Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4031
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya metode yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an, namun metode yang digunakan terkadang tidak selalu sesuai dengan kondisi dan keadaan. Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta mempunyai ciri khas metode dalam pembelajaran cara membaca Al-Qur‟an, metode ini dinamakan metode Maisūrā. Metode ini ditujukan bagi mereka yang sudah bisa membaca AlQur'an tetapi belum tartīl. Permasalahan ini meliputi keberagaman latar belakang pendidikan mahasiswi, di antaranya sebagian bukan lulusan pondok pesantren, melainkan SMA atau SMK. Beberapa mahasiswi belum fasih membaca Al-Qur‟an. Selain itu, terdapat perbedaan metode pembelajaran Ilmu Tajwid sebelum kuliah di Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan mendeskripsikan implementasi taḥsīn tartīl Al-Qur‟an metode Maisūrā dalam meningkatkan kualitas bacaan AlQur‟an, dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi taḥsīn tartīl Al-Qur‟an metode Maisūrā dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an di Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta . Metode penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan ilmu tajwid metode Maisūrā. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, untuk analisisnya penulis menggunakan teknik analisis data kualitatif, dengan tahapan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi taḥsīn tartīl alqur‟an metode maisūrā dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur‟an mahasiswi sudah berjalan dengan sangat baik, melalui beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, tujuan, evaluasi, dan hasil. Mahasiswi mampu membaca Al-Qur‟an dengan tartīl, dibuktikan dengan peningkatan kualitas bacaan Al-Qur‟an ketika setoran taḥfiẓ, nilai tajwid dan menghasilkan mahasiswi berprestasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject Kualitas Bacaan Al-Qur‟an en_US
dc.subject Metode Maisūrā en_US
dc.title Implementasi Taḥsīn Tartīl Al-Qur‟an Metode Maisūrā dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur‟an (Studi Kasus Mahasiswi Institut Ilmu Al-Qur‟an (IIQ) Jakarta) en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account