Abstract:
Media digital tidak terlepas dari teknologi yang melekat padanya, hal
ini sangat diperlukan untuk melek media digital (literasi media digital) yakni
kemampuan untuk mengakses, menganalisis, mengevaluasi, dan
mengkomunikasikan isi pesan media. Kedekatan mahasiswa dengan media
digital telah membawa perubahan yang sangat berarti. Perubahan yang telah
terjadi dan sedang berproses membawa mereka menjadi lebih mudah dalam
mendapatkan akses terhadap informasi yang ada.
Namun sayangnya, kedekatan mahasiswa dengan media digital
tersebut selain membawa dampak baik juga membawa dampak buruk bagi
mahasiswa karena informasi yang disajikan dalam media digital belum tentu
benar adanya. Permasalahan yang terjadi di era digital ini mungkin saja
disebabkan karena kurangnya pemahaman dari penggunanya terkhusus
mahasiswa dalam mengaplikasikan maupun memahami akan dampak dan juga
cara antisipasinya ketika berhadapan dengan media digital. Sehingga timbulah
sikap kurang bijak untuk menggunakan perangkat digitalnya sesuai porsinya.
Persamaan dari penelitian-penelitian sebelumnya terletak pada jenis penelitian
yakni dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun perbedaan
adalah objek penelitian. Selain itu, perbedaan lain terletak pada tujuan
penelitian. Penelitian-penelitian sebelumnya hanya berfokus pada penerapan
media digital untuk meningkatkan kemampuan literasi sedangkan penelitian
ini berfokus pada penggunaan media digital terhadap budaya literasi.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif.
Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah
triangulasi kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara dan
dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media digital
membuat mahasiswa lebih tertarik untuk meningkatkan kecakapan budaya
literasi mereka karena adanya fitur-fitur yang disajikan. Penggunaan media
digital memiliki beberapa pengaruh positif terhadap peningkatan budaya
literasi mahasiswa program studi Pendidikan Agama Islam di Institut Ilmu AlQur'an (IIQ) Jakarta.