Abstract:
Di era modern ini, ilmu pengetahuan dan teknologi memberikan
dampak positif bagi kemajuan generasi muda masa kini. Namun di sisi lain,
dengan melakukan hal-hal yang tidak sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam,
khususnya mengenai perilaku, sikap dan akhlak. Hal ini sangat berdampak
buruk bagi perkembangan generasi muda. Peran IPNU-IPPNU adalah
sebagai internalisator nilai atau penanam nilai-nilai moral dan agama. IPNUIPPNU dapat menjalankan peran ini melalui berbagai kegiatan, seperti
kegiatan keagamaan, seminar, dakwah, mendekatkan pelajar kepada tokohtokoh sejarah Islam dan sebagainya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peran IPNU-IPPNU
dalam meningkatkan karakter religius di Pondok Pesantren Al-Nahdlah Kota
Depok. Bagaimana peran pelajar Nahdlatul Ulama yaitu IPNU-IPPNU dalam
meningkatkan serta menerapkan karakter religius dalam kehidupan seharihari.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode
penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif, dimana penulis akan
menggambarkan dan menjelaskan kegiatan yang dilakukan pada objek
penelitian melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) IPNU-IPPNU sangat
berperan dalam meningkatkan karakter religius, terutama tidak lepas dari
ajaran dan landasannya yaitu landasan Ahlussunnah wal Jamaah dimana
IPNU-IPPNU juga termasuk organisasi Islam yang sangat merangkul,
memberi kenyamanan, serta menjadi ruang lingkup khusus pelajar dalam
berproses. 2) Adanya faktor pendukung dari seluruh elemen sekolah serta
pesantren sehingga IPNU-IPPNU menjalankan kegiatan dengan baik dan
lancar seperti komunikasi yang baik serta lingkungan yang mendukung
kegiatan IPNU-IPPNU, baik lingkungan tempat kegiatan berlangsung
maupun lingkungan sosial masyarakat setempat. dan faktor penghambat yaitu
kurangnya sumber dana/material dalam menjalani kegiatan.