Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh maraknya bullying yang
terjadi akhir-akhir ini di dunia pendidikan. Dimana bullying di sekolah
merupakan perbuatan yang sangat tidak baik dan dilarang keras dalam
dunia pendidikan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana
peranan guru PAI dalam membantu mengatasi bullying yang terjadi di
SDN Bintara III Bekasi.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif.
Sumber data primer berupa kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru
PAI, serta 6 siswa kelas V SDN Bintara III Bekasi, dan sumber data
sekunder berupa buku, jurnal, skripsi yang telah dipublikasikan serta
data-tada dari sekolah. Teknik pengumpulan data menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data
dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan
menarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran guru PAI
berjalan dengan baik, yaitu sebagai berikut: Guru sebagai pendidik,
yang menjadikan peserta didik untuk disiplin serta bertanggung jawab,
guru sebagai pengajar, yang berperan memberikan materi
pembelajaran sehingga bisa di implementasikan dalam kehidupan
sehari-hari, guru sebagai pembimbing, yang berusaha membentuk
peserta didik yang berakhlak baik, guru sebagai penasihat, menasihati
peserta didik di sekolah, guru sebagai teladan yang dapat memberikan
contoh yang baik bagi peserta didiknya. Yang tentunya peran guru PAI
tersebut dapat membantu mengatasi bullying-bullying yang terjadi,
mulai dari bullying verbal seperti berkata kasar, mengejek nama orang
tua dan lainya, bullying fisik terlihat dari hal yang terjadi seperti
menyelengkat kaki teman, serta mengambil barang milik teman,
bullying relasional yaitu adanya pengucilan, dan bullying elektronik
seperti ejekan antar teman di chatt tersebut bisa teratasi dengan baik.