dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi digital yang
semakin pesat dan masuk kedalam dunia pendidikan. Salah satu bentuk
perkembangan teknologi informasi tersebut adalah penggunaan Learning
Management System (LMS) dalam kegiatan pembelajaran yang digunakan oleh
MI Pembangunan Jakarta. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
penggunaan Learning Management System (LMS) dalam meningkatkan minat
belajar siswa di MI Pembangunan Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif
deskriptif, dengan subjek penelitian 7 informan yang terdiri dari Kepala
Sekolah, Tim IT, Guru Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis, dan 4 orang peserta
didik kelas V MI Pembangunan Jakarta. Teknik pengumpulan data melalui
observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data
yang dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Learning
Management System (LMS) di MI Pembangunan Jakarta dapat meningkatkan
minat belajar siswa dilihat dari interaksi antara peserta didik dan guru yang
terjalin dengan baik dimana guru tetap aktif menjelaskan materi dan membantu
penggunaan LMS ini agar berjalan dengan lancar dalam kegiatan
pembelajaran, ketersediaan ruang pembelajaran dalam LMS sebagai materi
pembelajaran dan konten pembelajaran yang di desain secara menarik,
dilengkapi dengan fitur penugasan, penilaian serta fitur pemantauan kemajuan
untuk melihat minat belajar siswa. Dengan terpenuhinya fitur tersebut dalam
penggunaan LMS membuat siswa merasa senang, tertarik, fokus, dan terlibat
aktif dalam kegiatan pembelajaran. |
en_US |