Abstract:
Latar belakang penelitian ini berangkat dari pentingnya memahami
dan mempelajari Al-Qur’an dalam kehidupan umat Islam. Menghafal AlQur’an tidak hanya menjadi tradisi yang diwariskan dari generasi ke generasi,
tetapi juga menjadi salah satu metode yang efektif dalam meningkatkan
pemahaman dan keterampilan membaca Al-Qur’an. Namun, implementasi
program tahfiz Al-Qur’an sering menghadapi berbagai tantangan, seperti
kurangnya minat siswa, keterbatasan waktu yang dialokasikan oleh sekolah,
serta keterbatasan fasilitas dan dukungan dari pihak sekolah dan orang tua.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, implementasi program
tahfiz Al-Qur’an dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an pada
siswa di MI Nurun Najah Pancoran, Jakarta Selatan. Penelitian ini
menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif di MI
Nurun Najah. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa program tahfiz Al-Qur’an yang
diterapkan di MI Nurun Najah telah berjalan dengan baik, meskipun masih
terdapat beberapa hambatan. Implementasi program ini melibatkan
perencanaan yang matang, pengawasan yang ketat, dan evaluasi berkala untuk
memastikan kemajuan siswa dalam menghafal dan membaca Al-Qur’an.
Dukungan dari sekolah dan orang tua sangat penting dalam keberhasilan
program ini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program tahfiz Al-Qur’an
memiliki kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kemampuan
membaca Al-Qur’an siswa. Oleh karena itu, disarankan agar program ini terus
dikembangkan dengan dukungan yang lebih maksimal dari berbagai pihak.