Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya siswa yang kurang semangat
dalam menyetorkan hafalan saat pelaksanaan kelas tahfiz. Siswa hanya
menyetorkan hafalan paling sedikit 1 atau setengah halaman, bahkan ada yang
hanya satu atau dua ayat. Hal ini terjadi meskipun pada ayat yang relatif
pendek & mudah di hafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program
pembelajaran tahfiz, mengidentifikasi pencapaian target hafalan peserta didik,
serta menguji pengaruh yang positif dan signifikan antara program
prembrelajaran tahfiz trerhadap prencapaian targret hafalan presrerta didik di SMP
Mumtaza.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis
penelitian yakni metode penelitian survei mengumpulkan informasi dari
responden menggunakan kuesioner. Pengambilan sampel yang digunakan
berjumlah 110 responden dengan menggunakan metode/teknik sensus yang
merupakan teknik penentuan sampel bila semua populasi digunakan sebagai
sampel. Treknik prengumpulan data yang digunakan melalui angket dan
dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif dan
statistik inferrensial. Sedangkan untuk menguji hipotesis peneliti
menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil perhitungan menggunakan analisis regresi linear sederhana
diperoleh thitung sebesar 3,052 > 1,982 ttabel. Maka Ha diterima dan Ho
ditolak, maka dapat dinyatakan bahwa signifikansi atau hipotesis yang penulis
ajukan diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
signifikan antara pengaruh disiplin waktu terhadap pencapaian target tahfiz
siswa SMP Mumtaza sebesar 7,9%, sedangkan 92,1% lainnya disiplin waktu
dipengaruhi oleh manajemen waktu, kebiasaan pribadi, lingkungan, motivasi
dan lain-lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.