Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penggunaan metode yang kurang
tepat dalam suatu pembelajaran dapat menyebabkan hasil pembelajaran
menjadi kurang optimal. Salah satunya dalam pembelajaran Al-Qur’an di MI
Al-Mursyidiyyah pembelajaran Al-Qur’an diterapkan dengan menggunakan
metode tilawati, dari hal tersebut diharapkan minat dan kemampuan para siswa
dapat meningkat sehingga hasil pembelajaran lebih efektif dan berkualitas. MI
Al-Mursyidiyyah merupakan sekolah dasar yang berbasis kurikulum metode
setiap siswa dituntut untuk bisa membaca Al-Qur’an dengan tartil. Karena
banyaknya siswa yang masih kurang dalam membaca Al-Qur’an terutama
dalam makharijul huruf, dan tajwidnya, sehingga menghambat siswa dalam
proses membaca Al-Qur’an dengan kaidah tajwid yang benar. Adapun
penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara mentarjim bacaan
Al-Qur’an sehingga bacaan Al-Qur’an menjadi bacaan yang berkualitas di MI
Al-Mursyidiyyah.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan
menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, serta
menggunakan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi metode tilawati
secara signifikan meningkatkan kualitas Bacaan Al-Qur’an siswa. Setelah
penerapan, terdapat peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca
Al-Qur’an siswa, baik dari segi kefasihan, ketepatan tajwid, maupun kecepatan
membaca. Peningkatan ini juga didukung oleh pendekatan pembelajaran yang
terstruktur dan sistematis, partisipasi aktif guru dalam memberikan bimbingan,
serta dukungan dari lingkungan sekolah. Selain itu, metode tilawati berhasil
meningkatkan motivasi dan minat belajar siswa terhadap pembelajaran AlQur’an.