dc.description.abstract |
Metode Tilawati telah menjadi model pembelajaran membaca AlQur’an yang sudah tersebar di masyarakat. Adapun tujuan dari penelitian ini
adalah untuk mengetahui penerapan program Tahsin dengan metode Tilawati
dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di MTs
Pembangunan Jakarta.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data,
dan penarikan kesimpulan dengan sumber data primer dan data sekunder.
Hasil dari penelitian Penerapan program Tahsin dengan metode
Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca siswa di MTs
Pembangunan Jakarta terbukti terlaksana dengan baik. Hal ini ditunjukan dari
adanya peningkatan pada kelancaran dan keakuratan bacaan siswa. Beberapa
indikator utama untuk mengukur keberhasilan metode Tilawati.yaitu
kemampuan siswa untuk membaca Al-Qur'an dengan lancar, kemampuan
mereka untuk menerapkan makhraj huruf dan tajwid, pencapaian prestasi, dan
tercapainya target capaian pembelajaran Al-Qur'an. |
en_US |