DSpace Repository

Implementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Melatih Kepercayaan Diri Public Speaking Pada Siswa Kelas 8 MTs Daarul Hikmah Pamulang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.author Ria Arzulia Sholehah, 20312261
dc.date.accessioned 2024-11-06T05:57:33Z
dc.date.available 2024-11-06T05:57:33Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4053
dc.description.abstract Public speaking adalah aktivitas berbicara secara langsung atau tatap muka dengan audiens. Dalam penerapannya saat ini, public speaking dapat berlaku dalam konteks formal dan informal, serta juga dapat melalui media perantara seperti kegiatan muhadharah. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan keterampilan siswa khususnya dalam berbicara dan berdakwah, mengasah keberanian dan spiritualitas siswa untuk berbicara di depan banyak orang, serta mengetahui faktor penghambat dan pendukung kegiatan Muhadharah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan muhadharah dalam meningkatkan kepercayaan diri public speaking pada siswa kelas 8 MTs daarul hikmah dan penelitian ini berfokus pada peningkatan kepercayaan diri public speaking siswa yang dikembangkan melalui kegiatan muhadharah yang dilaksanakan oleh sekolah. Metode penelitian yang digunakan peneliti adalah penelitian deskriptif kualitatif dan studi kasus. Informan penelitian berjumlah 4 unsur diantaranya adalah Waka Kurikulum sekolah, guru pembimbing kegiatan muhadharah, dan 2 siswa sebagai perwakilan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi tidak terlibat, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik induktif seperti reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil kajian pelaksanaan kegiatan Muhadharah untuk melatih kepercayaan diri public speaking siswa kelas 8 adalah dengan menghafal dan menentukan tema dan isi pidato. Dampak yang dicapai siswa adalah mereka menyerap ilmu dengan baik, memiliki pengetahuan yang luas, dapat mengolah bahasa dengan baik, mentalnya terlatih, percaya diri dalam berbicara di depan umum, dan mempunyai daya ingat yang tinggi berkembang dan semakin inovatif dalam berkomunikasi. Dan jika siswa menggunakan metode memoriter yakni metode berbicara didepan umum dengan menghafal teks atau naskah yang sudah disiapkan, siswa akan merasa lebih percaya diri dengan adanya kegiatan yang yang berkaitan dengan berbicara di depan umum. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject : Implementasi en_US
dc.subject Kepercayaan diri en_US
dc.subject Public Speaking en_US
dc.subject Muhadharah en_US
dc.title Implementasi Kegiatan Muhadharah Dalam Melatih Kepercayaan Diri Public Speaking Pada Siswa Kelas 8 MTs Daarul Hikmah Pamulang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account