Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena Adanya Kesenjangan sosial antara
siswa reguler dan siswa excellent serta Adanya perbedaan daya tangkap serta
pemahana siswa reguler dan siswa kelas excellent dimana kemampuan siswa dalam
belajar memiliki tingkat kecerdasan yang berbeda sehingga perlu adanya
implementasi program kelas excellent dalam meningkatkan prestasi akademik di
MTs Salafiyah Syafi’iyyah Depok untuk mewadahi anak anak yang memiliki
kemampuan unggul
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Program
Kelas Excellent dalam meningkatkan prestasi akademik siswa di MTs Salafiyah
Syafi’iyyah Depok.
Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Adapun subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru
bidang kesiswaan serta 2 orang dari kelas excellent dan 1 orang siswa kelas reguler
adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan
dokumentasi serta menghunakan teknik analisis data berupa data dan sumber data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan
Hasil Penelitian yang dilakukan oleh peneliti yakni adalah
Implementasi Program Kelas Excellent di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Depok
telah berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan prestasi akademik siswa
dari berbagai aspek. Pertama, aspek kognitif dilihat dari keberhasilan
pembelajaran siswa kelas excellent. Kedua, aspek afektif dapat dilihat dari
sikap dan akhlak mulia siswa. Ketiga, aspek psikomotorik dilihat dari
keterampilan siswa dari berbagai kegiatan ektstrakulikuker, Adapun
Implementasi Program Kelas Excellent di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Depok
telah sesuai dengan yang diterapkan di MTs Salafiyah Syafi’iyyah Depok
Selatan.