dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman atau
pembelajaran abad 21 dengan adanya perkembangan teknologi yang
menyebabkan kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Sehingga
peserta didik pada saat ini masih belum bisa membentuk karakter yang baik
terutama dalam berempati. Berdasarkan pra penelitian, penulis tertarik
dengan adanya Social Emotional Learning di MI Rahmania Islamic School.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas Social
Emotional Learning pada pembentukan empati peserta didik di MI
Rahmania Islamic School.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif.
Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan
melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Social Emotional
Learning pada pembentukan empati peserta didik di MI Rahmania Islamic
School menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik.
Pembentukan empati peserta didik kelas 5 di MI Rahmania Islamic School
pada aspek kognitif sudah terbentuk dan terlihat secara signifikan
berdasarkan hasil penilaian observasi awal dan akhir pada komponen
perspective taking dan fantasy. Hal ini menunjukkan Social Emotional
Learning telah berhasil dan cukup efektif dalam memberikan perubahan
pada pembentukan empati peserta didik. |
en_US |