DSpace Repository

Efektivitas Penerapan Social Emotional Learning Pada Pembentukan Rasa Empati Peserta Didik MI Rahmania Islamic School

Show simple item record

dc.contributor.advisor Litakuna Karima
dc.contributor.author Nida Aulia, 20312258
dc.date.accessioned 2024-11-06T06:03:09Z
dc.date.available 2024-11-06T06:03:09Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4055
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan zaman atau pembelajaran abad 21 dengan adanya perkembangan teknologi yang menyebabkan kurangnya rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Sehingga peserta didik pada saat ini masih belum bisa membentuk karakter yang baik terutama dalam berempati. Berdasarkan pra penelitian, penulis tertarik dengan adanya Social Emotional Learning di MI Rahmania Islamic School. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan efektivitas Social Emotional Learning pada pembentukan empati peserta didik di MI Rahmania Islamic School. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Social Emotional Learning pada pembentukan empati peserta didik di MI Rahmania Islamic School menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang baik. Pembentukan empati peserta didik kelas 5 di MI Rahmania Islamic School pada aspek kognitif sudah terbentuk dan terlihat secara signifikan berdasarkan hasil penilaian observasi awal dan akhir pada komponen perspective taking dan fantasy. Hal ini menunjukkan Social Emotional Learning telah berhasil dan cukup efektif dalam memberikan perubahan pada pembentukan empati peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Efektivitas en_US
dc.subject Social Emotional Learning en_US
dc.subject Empati en_US
dc.title Efektivitas Penerapan Social Emotional Learning Pada Pembentukan Rasa Empati Peserta Didik MI Rahmania Islamic School en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account