dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi sebagai seorang wanita muslimah, harus
mengetahui syariat islam mengetahui terkait dengan syariat fikih wanita yang
mendalam berhubungan terkait haid, berpakaian menurut syariat islam, dan
adab-adab pergaulan. Di MTs Pembangunan Jakarta merupakan salah satu
sekolah yang memberikan perhatian untuk memberikan pemahaman fikih
wanita yaang sebenarnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui
implementasi program keputrian di MTs Pembangunan Jakarta dan untuk
mengetahui efektivitas program keputrian dalam meningkatkan pemahaman
fikih wanita di MTs Pembangunan Jakarta.
Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yaitu melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari Kepala
Sekolah, Wakil Kepala Sekolah Bagian Kesiswaan, 1 Guru Penanggung Jawab
Program Keputrian, 1 Guru Pendamping Program Keputrian, dan 4 Peserta
Didik Kelas VII dan VIII MTs Pembangunan Jakarta. Dan teknik analisis data
dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program keputrian di
MTs Pembangunan Jakarta menunjukkan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi yang baik. Pemahaman fikih wanita di MTs Pembangunan Jakarta
sudah berjalan dengan baik. Siswi MTs Pembangunan Jakarta memiliki
pemahaman yang baik dan mendalam mengenai tiga aspek penting dalam
kehidupan seorang muslimah: haid, berpakaian sesuai syariat, dan adab-adab
pergaulan. Pemahaman mereka konsisten dengan ajaran Islam dan juga sejalan
dengan prinsip-prinsip. Hal ini menunjukkan kegiatan keputrian, telah berhasil
memberikan pengetahuan yang bermanfaat dan relevan bagi siswi. |
en_US |