DSpace Repository

Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ELearning Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Mumtaza Islamic School

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurnia Akbar
dc.contributor.author Nurulisa Fitriyana, 20312335
dc.date.accessioned 2024-11-06T06:44:46Z
dc.date.available 2024-11-06T06:44:46Z
dc.date.issued 2024
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4058
dc.description.abstract Penelitian didasari oleh kemajuan teknologi yang memberikan dampak terhadap pendidikan, dimana perkembangan teknologi mempengaruhi berbagai aspek institusi pendidikan. Perubahan zaman yang semakin cepat dan karakteristik siswa yang terus berkembang, guru dituntut untuk mengintegrasikan teknologi yang dapat meningkatkan pemahaman peserta didik dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, media pembelajaran berbasis elearning menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang lebih efesien sesuai dengan kemajuan teknologi dan bertujuan untuk meningkatkan kualitas Pendidikan serta pemahaman perserta didik pada pelajaran Pendidikan Agama Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumen. Partisipan penelitian meliputi kepala sekolah bapak Khalimi M. Pd, wakakurikulum Mr. Dimas Hakri Lenaldi, S. Pd, guru pendidikan agama islam Mr. Musfaturrahman, S. Th. i, dan Mr. Fadli Husen, S. S, peserta didik Khanza Nurul Fathiya dan Zafar Colvin. Jumlah responden 6 informan yang bersangkutan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan media pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Mumtaza Islamic School berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat dari pelaksanaan penggunaan media e-learning, kemampuan guru dalam menyampaikan materi dengan baik, memiliki keterampilan teknologi dalam mengoperasikan platform e-learning, dan dapat mengelola pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi variatif dan tersedia infestruktur yang disiapkan sekolah. Selain itu terdapat faktor pendukung penggunaan media elearning seperti menyediakan akun canva, proyektor, pegawai khusus menangani jaringan digital, adanya tim IT support, mempersiapkan LAN (Local Area Network), dan peserta didik memiliki laptop atau iPad pribadi yang terhubung dengan internet. Kemudian terdapat penghambat penggunaan media e-learning seperti siswa yang kurang bijak mengunakan leptop saat pembelajaran berlangsung dan terkadang terdapat masalah jaringan yang tidak stabil. Namun, kendala tersebut masih dapat diatasi dengan baik oleh sekolah maupun guru pengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implemtasi en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Media E-learning en_US
dc.title Implementasi Media Pembelajaran Berbasis ELearning Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Mumtaza Islamic School en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account