dc.description.abstract |
Penelitian didasari oleh kemajuan teknologi yang memberikan dampak
terhadap pendidikan, dimana perkembangan teknologi mempengaruhi
berbagai aspek institusi pendidikan. Perubahan zaman yang semakin cepat dan
karakteristik siswa yang terus berkembang, guru dituntut untuk
mengintegrasikan teknologi yang dapat meningkatkan pemahaman peserta
didik dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, media pembelajaran berbasis elearning menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan pembelajaran yang lebih
efesien sesuai dengan kemajuan teknologi dan bertujuan untuk meningkatkan
kualitas Pendidikan serta pemahaman perserta didik pada pelajaran Pendidikan
Agama Islam.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
jenis penelitian deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara,
dan dokumen. Partisipan penelitian meliputi kepala sekolah bapak Khalimi M.
Pd, wakakurikulum Mr. Dimas Hakri Lenaldi, S. Pd, guru pendidikan agama
islam Mr. Musfaturrahman, S. Th. i, dan Mr. Fadli Husen, S. S, peserta didik
Khanza Nurul Fathiya dan Zafar Colvin. Jumlah responden 6 informan yang
bersangkutan dengan penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan penggunaan media
pembelajaran berbasis e-learning pada mata pelajaran pendidikan agama islam
di SMP Mumtaza Islamic School berjalan dengan efektif. Hal ini dapat dilihat
dari pelaksanaan penggunaan media e-learning, kemampuan guru dalam
menyampaikan materi dengan baik, memiliki keterampilan teknologi dalam
mengoperasikan platform e-learning, dan dapat mengelola pembelajaran
sehingga pembelajaran menjadi variatif dan tersedia infestruktur yang
disiapkan sekolah. Selain itu terdapat faktor pendukung penggunaan media elearning seperti menyediakan akun canva, proyektor, pegawai khusus
menangani jaringan digital, adanya tim IT support, mempersiapkan LAN
(Local Area Network), dan peserta didik memiliki laptop atau iPad pribadi
yang terhubung dengan internet. Kemudian terdapat penghambat penggunaan
media e-learning seperti siswa yang kurang bijak mengunakan leptop saat pembelajaran berlangsung dan terkadang terdapat masalah jaringan yang tidak
stabil. Namun, kendala tersebut masih dapat diatasi dengan baik oleh sekolah
maupun guru pengajar sehingga pembelajaran dapat berjalan dengan lancar |
en_US |