Abstract:
Strategi pembelajaran adalah semua komponen materi pengajaran
dan prosedur yang digunakan untuk membantu siswa dalam mencapai tujuan
pengajaran. Pemilihan strategi pembelajaran tidak terlepas dari kurikulum
yang digunakan dan karakteristik peserta didik. Karakteristik peserta didik
terutama terkait dengan pengalaman awal dan pengetahuan peserta didik,
minat peserta didik, gaya belajar peserta didik dan perkembangan peserta
didik
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi dan upaya
guru dalam meningkatkan pemahaman siswa pada mata pelajaran SKI.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif. Data
premier dan data sekunder dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Upaya guru dalam
meningkatkan pemahaman pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, di
antaranya adalah guru harus memiliki rasa peka, guru segera mengambil
tindakan apabila menemukan siswa yang pasif, guru melakukkan komunikasi
secara langsung dengan siswa, guru memberi arahan, dan nasihat, juga
motivasi belajar dalam hal yang positif, untuk siswa. strategi Problem Based
Learning efektif digunakan oleh guru SKI untuk meningkatkan pemahaman
siswa. Selain itu, guru SKI menggunakan metode cerita dengan
menyampaikan kisah-kisah inspiratif yang relevan dengan masa kini, berharap
siswa dapat meneladani tokoh-tokoh hebat. Dan metode diskusi untuk melihat
para siswa aktif ketika pembelajaran.