Abstract:
Kurikulum sebagai sarana untuk mencapai tujuan Pendidikan, berfungsi
sebagai pedoman pelaksanaan kegiatan belajar. Rancangan kurikulum
selayaknya dijadikan landasan bagi sekolah untuk mengembangkan
pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui langkah-langkah
perencanaan kurikulum yang ada di Sekolah Menengah Atas Swasta (SMAS)
Muhammadiyah Pamijahan Bogor. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif,
dengan menggunakan metode studi kasus. Data utama didapat melalui
wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMAS
Muhammadiyah Pamijahan Bogor, melakukan perencanaan kurikulum melalui
enam langkah. Pertama, pelatihan guru. Kedua, rapat mengenai kurikulum.
Ketiga, merumuskan tujuan. Keempat, menentukan isi kurikulum. Kelima,
menentukan metode pembelajaran. Keenam, merancang strategi bimbingan.