DSpace Repository

Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Malam Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus di Sekolah Malam (PKBM) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pasar Jumat Kebayoran Lama Jakarta-Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Ahmad Syafi’i Noor
dc.contributor.author Dedeh Mahmudah, 12311110
dc.date.accessioned 2020-01-07T02:53:01Z
dc.date.available 2020-01-07T02:53:01Z
dc.date.issued 2016
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/407
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini melihat tingkat kebutuhan dan kesadaran akan pentingnya suatu pendidikan terutama pada pendidikan Agama Islam dalam rangka memperkokoh dan memperkuat akidah putra putri bangsa. Sekolah Malam (PKBM) Setia Mandiri merupakan pusat kegiatan belajar masyarakat paket C, yang telah mempersiapkan wadah bagi peserta didik yang putus sekolah dari berbagai kalangan, agar putra putri bangsa bisa terus melanjutkan sekolah sesuai kebutuhan peserta didik. Dalam hal ini penulis menemukan beberapa permasalahan yang akan diteliti meliputi: 1) Bagaimana implementasi pembelajaran PAI di sekolah malam terhadap hasil belajar siswa (PKBM) setia mandiri. 2) Bagaimana dampak hasil belajar PAI di sekolah malam (PKBM) setia mandiri. 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat apa saja dalam pelaksanaan pembelajaran PAI di sekolah malam (PKBM) sertia mandiri. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk mengumpulkan data digunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan Hasil penelitian ini penulis memperoleh hasil penelitian sebagai berikut:1) Implementasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah Malam Terhadap Hasil Belajar Siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Setia Mandiri sejauh ini berjalan dengan baik, peserta didik dan guru bekerja sama dengan baik dalam proses belajar mengajar sekalipun berbeda dengan sekolah-sekolah formal lainnya. 2) Dampak hasil belajar PAI di sekolah malam paket C (PKBM) setia mandiri dapat diketahui bahwa ada nilai kognitif, afektif dan psikomotorik. Ranah-ranah ini dinilai berdasarkan kriteria yang ada dalam diri peserta didik. 3) Faktor Pendukung pelaksanaan pembelajaran PAI di Sekolah Malam Paket C (PKBM) Setia Mandiri yaitu: a) peserta didik yang begitu antusias dalam mengikuti proses pembelajaran PAI di Sekolah Malam (PKBM) Setia Mandiri, b) metode Penyampaian guru PAI yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Faktor penghambat pelaksanaan pembelajaran pelaksanaan PAI di Sekolah Malam (PKBM) Setia Mandiri yaitu: a) pendidik memiliki usia yang berbeda-beda, b) latar belakang keluarga, c) lingkungan yang sangat berbeda dengan sekolah formal lainnya, d) peserta didik tidak semua memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an, e) materi perlu disesuaikan oleh kebutuhan peserta didik, f) peserta didik yang tidak hadir karna berhalangan bekerja. Penelitian ini diharapkan akan menjadi bahan informasi dan masukan bagi para pengajar, para peneliti dan para praktisi pendidikan terutama dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Agar mata pelajaran PAI tidak dijadikan sebuah mata pelajaran namun dalam prakteknya semestinya di aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari . juga semua pihak yang membutuhkan khususnya jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Imu Al-Qur’an Jakarta. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi, Pembelajaran, Hasil en_US
dc.title Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Malam Terhadap Hasil Belajar (Studi Kasus di Sekolah Malam (PKBM) Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Pasar Jumat Kebayoran Lama Jakarta-Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account