Abstract:
Cara
belajar siswa aktif merupakan suatu upaya dalam pembaharuan
pendidikan dan pembelajaran. Kendatipun cara ini tergolong
baru, namun sesungguhnya konsep ini telah lama
dikembangkan, hanya perwujudannya yang masih baru dalam
sistem pembelajaran di sekolah-sekolah kita. Karena itu, ada
baiknya guru-guru mengenal dan memahaminya lebih seksama
agar mampu menerapkan-nya secara efektif.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
korelasi yang signifikan antara keaktifan belajar dengan
prestasi siswa pada bidang pendidikan agama Islam? ataukah
tidak terdapat korelasi yang signifikan antara keaktifan belajar
dengan prestasi siswa pada bidang pendidikan agama Islam?.Di
SMP Daarul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan.
Adapun untuk menjawab rumusan masalah di atas ialah,
penyusun menggunakan Penelitian Lapangan (field research),
sehingga metode yang digunakan adalah metode korelasional
dengan menggunakan analisis product moment.Adapun metode
pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,
kuesioner, wawancara dan dokumentasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi
yang signifikan baik pada variabel X yaitu keaktifan belajar
variabel Y yaituPrestasi Siswa pada bidang PAI kelas VII C.
Dengan diketahui dari nilai r hitungpada bidang PAI. Dengan
diketahui dari nilai r hitung lebih besar dari pada r tabel baik
pada taraf signifikan 5%= 0,355 < 0,910 dan pada taraf
signifikan 1% = 0,456 < 0,910. Maka dengan demikian
hipotesis alternatif (Ha) yang menyatakan “Terdapat Korelasi
antara Keaktifan Belajar Pada Bidang Pendidikan Agama Islam di SMP Daarul Ma’arif Cipete Jakarta Selatan”
diterima.