Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah penanaman nilai karakter cinta
tanah air kepada anak usia dini di era globalisasi sangat penting, agar anak
usia dini selalu mengingat dan mengenal identitas diri sebagai warga
negara Indonesia. Tujuan penulis dalam melakukan penelitian ini adalah
menjelaskan bagaimana penanaman nilai karakter cinta tanah air anak usia
dini melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila di TK Daarul Fattaah
Tangerang. Dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi penanaman
nilai karakter cinta tanah air anak usia dini pada kegiatan projek penguatan
profil pelajar Pancasia. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan
kualitatif deskriptif menggunakan jenis penelitian lapangan, Teknik
pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Sumber data penelitian ini adalah peserta didik dengan
jumlah 25 orang peserta didik, 1 guru kelas, dan kepala sekolah.
Hasil dari penelitian ini adalah penanaman nilai karakter cinta tanah
air anak usia dini bisa melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Hal ini bisa dilihat dari antusias peserta didik ketika proses kegiatan P5
berlangsung dan hasil indikator penilaian nilai karakter cinta tanah air yang
baik, hasil tersebut dapat dilihat dari hasil tabel penilaian formatif dan
kegiatan refleksi tindak lanjut kegiatan projek penguatan profil pelajar
Pancasila. Selain itu, kegiatan yang menjadi rutin mingguan, bulanan,
sampai tahunan seperti upacara bendera, pembelajaran intrakurikuler
dengan buku tema aku cinta Indonesia, menyanyikan lagu nasional,
merayakan hari nasional, mengenalkan budaya dan adat istiadat
memberikan dampak yang positif bagi pembentukan karakter cinta tanah
air anak usia dini. Karena dengan adanya kegiatan tersebut peserta didik
selalu mengingat keragaman-keragaman yang ada di Indonesia.