Abstract:
Full day school merupakan sistem pendidikan yang memperpanjang waktu
belajar siswa dengan mengintegrasikan kegiatan akademik, ekstrakurikuler,
dan pembelajaran agama dalam satu hari penuh. Di Indonesia, penerapan
model ini bertujuan untuk memberikan pembelajaran yang lebih mendalam dan
komprehensif, terutama dalam menanamkan nilai-nilai agama sejak dini.
Model ini diharapkan membantu siswa mengembangkan potensi intelektual,
emosional, dan spiritual secara terstruktur. Selain meningkatkan prestasi
akademik, full day school juga bertujuan membentuk karakter dan moral siswa
melalui kegiatan terintegrasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
lapangan di mana data dan informasi didapatkan secara langsung melalui
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di RA
Perwanida Kota Baubau Sulawesi Tenggara, dengan sumber datanya adalah
Kepala Sekolah dan guru kelas full day.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi full day school di RA
Perwanida efektif dalam menanamkan nilai-nilai agama pada anak usia dini,
yang tercermin dari peningkatan pemahaman dan penerapan nilai agama dalam
kehidupan sehari-hari mereka. Evaluasi juga menunjukkan bahwa indikator
pada STPPA telah hampir sepenuhnya terpenuhi. Meskipun demikian,
penelitian ini mengidentifikasi beberapa tantangan signifikan, termasuk
keterbatasan fasilitas, sumber daya, biaya pendidikan yang tinggi, dan
kekurangan tenaga pendidik yang kompeten, yang menghambat ekspansi
program. Dukungan orang tua, keterlibatan komunitas sekolah, dan
penyesuaian kurikulum yang tepat diperlukan untuk mengatasi tantangantantangan ini dan memastikan keberhasilan program secara berkelanjutan.