Abstract:
Sentra tahfidz merupakan program pembelajaran sentra yang terdapat
di TK Al-Kautsar yang berfokus pada pengajaran dan penghafalan Al-Qur’an
pada anak usia dini. Kemampuan menghafal pada anak usia dini dipengaruhi
oleh berbagai faktor, termasuk metode pembelajaran yang diterapkan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian field research atau penelitian lapangan di mana data dan informasi
didapatkan secara langsung melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Penelitian ini berlokasi di TK Al-Kautsar Jagakarsa Jakarta Selatan. Sumber
data dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan guru tahfidz di sentra
tahfidz. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas penerapan model
pembelajaran sentra tahfidz dalam pengembangan kemampuan menghafal
pada anak usia dini di TK Al-Kautsar, Jagakarsa, Jakarta Selatan. Model
pembelajaran sentra tahfidz dipilih sebagai strategi untuk meningkatkan
kemampuan hafalan anak-anak dalam mengingat dan mengulang ayat-ayat AlQur'an.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan
model sentra tahfidz di TK Al-Kautsar terbagi dalam tiga tahap utama:
persiapan, kegiatan inti, dan evaluasi/penilaian. Pada tahap persiapan, guru
menyiapkan lingkungan pembelajaran yang kondusif dan material hafalan
yang sesuai dengan kemampuan anak-anak. Pada kegiatan inti, anak-anak
diarahkan untuk menghafal ayat-ayat Al-Qur'an melalui metode yang
interaktif dan menyenangkan, seperti melalui permainan, lagu, dan gerakan.
Sementara itu, evaluasi dilakukan secara berkala untuk menilai perkembangan
kemampuan menghafal anak-anak, dengan fokus pada ketepatan dan
kelancaran hafalan.
Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
model pembelajaran sentra tahfidz di TK Al-Kautsar efektif dalam
meningkatkan kemampuan menghafal anak-anak usia dini, serta memberikan
kontribusi positif terhadap perkembangan spiritual mereka.