Abstract:
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Anak usia dini adalah masa keemasan
(golden age) yang paling mendasar, di mana dasar-dasar perkembangan
kemampuan fisik, bahasa, sosial emosional, konsep diri, seni, moral, dan nilainilai agama yang di bangun, sehingga seluruh potensi pertumbuhan anak dapat
terpenuhi secara optimal. Anak-anak membutuhkan dukungan yang tepat dari
orang tua, keluarga, dan orang-orang di sekitarnya karena kemajuan yang
cepat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam
meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun di TK
Islam Tunas Harapan Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif
bersifat derkriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi, serta menggunakan teknik analisis data yaitu
reduksi data, penyajian data, dan penarik kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran orang tua dalam
meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak usia dini di TK Islam
Tunas Harapan Jakarta yaitu: Peran orang tua sebagai pendidik, motivator,
teman, panutan, pengawas, dan konseler, sudah sangat baik dalam
meningkatkan perkembangan sosial emosional pada anak usia 5-6 tahun.
Perkembangan sosial emosional merupakan proses yang kompleks dan
dipengaruhi oleh banyak faktor, terutama faktor dari sekolah dan keluarga.
Anak-anak yang diperhatikan oleh orang tuanya maka dapat meningkatkan
perkembangan sosial emosional anak menjadi baik.