Abstract:
Tesis ini bertujuan untuk meneliti proses pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati, evaluasi pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati dan efektivitas pembelajaran metode tilawati siswa kelas V di SDS Sekar Adi Cibinong Bogor.
Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif-kualitatif yang penulis gunakan ialah penelitian lapangan (field research) yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati di SDS Sekar Adi. Adapun sumber data berupa sumber primer melalui 5 informan diantaranya: kepala sekolah, kabid. kurikulum, koordinator tilawati, guru tilawati dan siswa kelas V yang didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta data sekunder berupa buku, jurnal, undang-undang dan data yang diperoleh dari internet.
Hasil penelitian bahwa: 1) Proses pembelajaran Al-Qur’an metode tilawati siswa kelas V di SDS Sekar Adi Cibinong Bogor menggunakan teknik klasikal dan baca simak serta penugasan dibaca di rumah dengan waktu yang dibutuhkan untuk jenjang Tadarus Al-Qur’an 155 pertemuan atau 1,5 tahun. 2) Hasil evaluasi pembelajaran di tempat tersebut bahwa dari 44 siswa kelas V yang mengikuti munaqosyah kenaikan juz jenjang Al-Qur’an, 37 siswa dinyatakan “lulus” dan 7 siswa lainnya “perbaikan”, dengan persentase 84%. Siswa yang tidak lulus, rata-rata kesalahannya di bidang fashohah dan gharib musykilat, perlu adanya kelas khusus untuk membahas materi tersebut. 3) Metode tilawati dikatakan efektif untuk digunakan sebagai pembelajaran Al-Qur’an di tempat tersebut karena proses pembelajaran yang sudah tersistem dan bekerjasama dengan tilawati center jabar 1, guru-guru Al-Qur’an pun sudah memiliki sertifikat dan syahadah Al-Qur’an sehingga siswa mengalami kemudahan dalam belajar membaca Al-Qur’an khususnya pada siswa kelas V.