dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pembentukan karakter religius, karakter religius yang muncul, dan faktor pendukung serta penghambat dalam pembentukan karakter religius melalui program tahfidz 30 juz di SD Syafana Islamic School Tangerang Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Adapun sumber data primer yang didapatkan melalui observasi dan wawancara kepada kepala sekolah, dewan guru dan siswa terkait metode pembentukan karakter religius, karakter religius yang muncul, serta faktor pendukung dan penghambat dalam pembentukan karakter religius melalui program tahfidz 30 juz di SD Syafana Islamic School, sementara data sekunder peneliti dapatkan dari buku, jurnal, dan data lainnya yang bersumber dari internet.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, 1. Metode yang dipakai program tahfidz 30 juz dalam membentuk karakter religius adalah metode ceramah, metode lingkaran, metode keteladanan, metode pembiasaan, metode nasehat, metode kisah, metode hadiah dan hukuman, monitoring dan evaluasi. 2. Nilai-nilai karakter religius yang terbentuk melalui program tahfidz 30 juz di antaranya ada lima yaitu nilai ibadah, nilai jihad, nilai amanah dan ikhlas, nilai akhlak dan kedisiplinan , dan nilai keteladanan. 3. Faktor pendukung dan pengambat dalam pembentukan karakter religius melalui program tahfidz 30 Juz di antaranya kepribadian siswa itu sendiri, keluarga, lingkungan sekolah, lingkungan masyarakat, serta media massa. |
en_US |