Abstract:
Indonesia adalah bangsa yang majemuk, baik dari sisi budaya, etnis,
bahasa dan agama. Untuk itu, diperlukan upaya untuk menjaga keharmonisan
dalam bermasyakarat termasuk dalam dunia pendidikan. Dalam dunia
pendidikan, upaya yang bisa dilaksanakan yakni penerapan pendidikan
multikultural. Pendidikan multikultural merupakan model pendidikan yang
berbasis keberagaman. Pendidikan yang bisa mencegah terjadinya konflik,
mengajak peserta didik untuk saling menghargai segala bentuk perbedaan
dimasyarakat.
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalis bagaimana penerapan
pendidikan multikutural di Madrasah Pembangunan UIN Jakarta. Metode
penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan
pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi lapangan,
wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksaanaan pendidikan
multikultural dalam upaya meningkatkan sikap toleransi siswa kelas V MI
Pembangunan UIN Jakarta dilaksanakan pada kegiatan belajar dan festival
budaya. Guru dan siswa berperan dalam proses pelaksaan pendidikan
multikultural ini. Sedangkan sikap toleransi siswa MI Pembangunan UIN
Jakarta yang dibentuk melalui pendidikan multikultural adalah saling
menghargai perbedaan, bekerjasama, saling membantu ketika teman dalam
kesusahan, menerima dengan senang hati perbedaan dan keinginan.