dc.description.abstract |
Latar belakang penulisan skripsi ini adalah membaca Al-
Quran serta menghafal dan memeliharanya sangat diharapkan
terutama bagi masyarakat muslim. Mengingat saat ini,
percepatan laju informasi dan teknologi tak bisa dihindari.
Berbagai sektor, dari pendidikan hingga kesehatan terus berpacu
dengan perkembangan fasilitas dan layanan teknologi. Semua itu
bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada publik.
Menyadari akan hal itu, Qur‟an Call hadir untuk memberikan
pelayanan pembinaan hafalan Al-Qur‟an yang digagas Daarul
Qur‟an bersama infomedia Telkom. Pentingnya kemudahan
masyarakat dalam belajar dan menyetorkan hafalan Al-Qur‟an.
Qur‟an Call merupakan layanan belajar menghafal Al-Qur‟an
dengan jangka waktu 24 jam melalui sambungan telepon secara
gratis. Layanan ini diperuntukkan semua kalangan, baik anakanak,
dewasa maupun manula. Mereka dapat belajar dan
menyetorkan hafalannya kapan dan dari mana saja. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektivitas
layanan Qur‟an Call terhadap pembelajaran Al-Qur‟an by phone
pada costumer Qur‟an Call PPPA Daarul Qur‟an.
Dalam penulisan skripsi ini penulis menggunakan
metode Kuantitatif. Untuk teknik pengumpulan data, penulis
menggunakan teknik observasi nonpartisipan, wawancara, dan
kuesioner/angket. Untuk lebih melengkapi pembuatan skripsi
ini, penulis pun menggunakan sumber literatur buku, yakni
sumber buku, skripsi dan hasil wawancara. Teknik analisis data hasil penelitian menggunakan analisis korelasional dengan
teknik korelasi rumus Product Moment.
Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh positif yang signifikan antara variabel X (efektivitas
layanan Qur‟an Call) dan variabel Y (pembelajaran Al-Qur‟an
by phone). Hal ini dapat dibuktikan dengan jumlah angka rxy
yang diperoleh 0,735 terletak antara 0,70 - 0,90 berarti terdapat
korelasi positif yang kuat dan tinggi. Dengan demikian layanan
Qur‟an Call sangat efektif digunakan dalam pembelajaran Al-
Qur‟an by phone. |
en_US |