Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas implementasi ekstrakurikuler tahfiz dalam meningkatkan kecintaan terhadap
Al-Qur’an anak usia 5-6 tahun di TK Al-Iman. Ekstrakurikuler Tahfiz
merupakan program tambahan yang bertujuan untuk memperkenalkan
dan memperdalam ajaran Al-Quran kepada anak-anak dengan cara yang
menyenangkan dan interaktif. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan metode studi kasus yang meliputi sumber data, teknik
pengumpulan data, teknik analisis data, pedoman observasi, dan pedoman wawancara. Yang menjadi responden dalam penelitian ini yaitu
meliputi kepala sekolah, guru kelas B3, dan guru tahfiz.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ekstrakurikuler tahfiz di
TK Al-Iman berhasil meningkatkan minat dan kecintaan anak terhadap
Al-Qur’an. Program tersebut memberikan dampak positif berupa peningkatan motivasi belajar, partisipasi lebih aktif dalam kegiatan keagamaan, dan peningkatan kemampuan menghafal Al-Qur’an. Anak-anak
menunjukkan perkembangan yang signifikan dalam memahami ajaran
Al-Qur'an, dan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran semakin memperkuat pencapaian tersebut.
Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa faktor pendukung
dan tantangan dalam implementasi program tahfiz, seperti perlunya
pelatihan guru, keterlibatan aktif orang tua, dan pengembangan materi
pembelajaran yang menarik. Untuk meningkatkan efektivitas program
tahfiz, disarankan untuk lebih mengembangkan program tahfiz dengan
mempertimbangkan rekomendasi tersebut.