Abstract:
Film selain bisa dijadikan sarana hiburan, dalam dunia
pendidikan pun sangat mungkin untuk kita manfaatkan secara
tepat dan benar sesuai kebutuhan pendidikan. Maraknya
pendidikan tahfizhul Qur’an pun menyita perhatian dunia
perfileman Indonesia. Di mana film Surga Menanti adalah
salah satu film bernuansakan Islami yang mengangkat tema
dunia Tahfizhul Qur‟an untuk pertama kalinya setelah film
Kalam-Kalam Langit. Melalui pendekatan film Surga
Menanti, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan
menelaah nilai-nillai yang dituangkan dalam film Surga
Menanti sebagai pelopor perfileman Indonesia yang
mengangkat dunia pendidikan tahfizhul Al-Qur’an.
Metode penelitian yang digunakan adalah Library
Research, yaitu dengan membaca, meneliti, dan menelaah,
memahami, dan mengkaji lebih jauh buku-buku hasil tulisan
yang berhubungan dengan topik masalah dan tidak terjun ke
lapangan. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis memperoleh
hasil penelitian sebagai berikut: Adapun kesimpulan yang
dirumuskan penulis adalah:
1. Film Surga Menanti sedikitnya mempunyai dua aspek pesan
nilai khusus yaitu pertama Al-Qur‟an dalam system
pendidikan, dan yang ke-dua adalah Al-Qur‟an sebagai
sumber nilai
2. Dalam film ini ada sosok Salman yang sebenarnya menarik
perhatian, yaitu seorang Salman yang tuna netra dapat
menghafalkan Al-Qur‟an 30 juz, namun kurang di
eksplorasi lebih jauh. Nilai-nilai tahfizhul Qur’an yang diangkat dalam film ini
adalah beberapa sifat dan sikap yang disampaikan yaitu niat
dan tekad yang kuat dalam menghafal, sabar dalam setiap
ujian, dan lain sebagainya.
4. Keteladanan dalam pendidikan keluarga.