dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemikiran pendidikan Islam perspektif Kiai Ahmad Hasyim Muzadi dan implementasinya di Pesantren Al-Hikam Depok Jawa Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dimana pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi serta karya-karya KH. Hasyim Muzadi, baik buku maupun ceramah beliau.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pemikiran pendidikan perspektif Kiai Ahmad Hasyim Muzadi meliputi tiga hal: Pendidikan Karakter, Pendidikan Multikultural, dan Pendidikan Moderasi Islam. Pendidikan karakter menurut KH. Hasyim Muzadi adalah suatu proses pendidikan yang bertujuan untuk mengembangkan nilai-nilai moral, etika, dan karakter positif pada peserta didik, dan untuk membentu karakter dalam lingkunag pendidikan harus memiliki tiga unsur: Pertama, Ta’lim (Pengajaran). Kedua, Ta’dib (menjadikan seorang beradab). Ketiga, Irsyad (pengarahan).
Implementasi pendidikan karakter perspektif KH. Hasyim Muzadi dilakukan melaui kegiatan dan progrn yang ada di pesantren seperti: kewajiban sholat berjamaah, pembelajaran kitab kuning dan kurikulum yang terintegrasi, kegiatan keagamaan, sistem asrama, kegiatan ekstrakulikuler, keteladanan pengasuh dan guru, dan pendidikan pengabdian. Melalui program-program tersebut para santri diajarkan tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga baik secara karakter, sejalan dengan tujuan pendidikan yaitu membentuk individu yang berakhlak mulia dan mampu berkontribusi positif bagi masyarakat. |
en_US |