DSpace Repository

Pembelajaran Makharij Al-Huruf dan Sifat Al-Huruf dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Melalui Metode Bagdadi di Sekolah Guru Ngaji Pesantren Takhasus IIQ Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sri Tuti Rahmawati
dc.contributor.advisor Fajar Syarif
dc.contributor.author Umi Kalsum, 223430384
dc.date.accessioned 2025-03-19T05:12:35Z
dc.date.available 2025-03-19T05:12:35Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4156
dc.description.abstract Tesis ini bertujuan untuk memaparkan proses pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf, mendeskripsikan strategi yang digunakan dalam pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf, mengidentifikasikan relevansinya untuk men|ingkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an di Sekolah Guru Ngaji Pesantren takhasus IIQ Jakarta menggunakan Tahsin Metode Bagdadi. Metode penelitian menggunakan teknik analisis data dalam penelitian kualitatif, data diperoleh dari observasi di Sekolah Guru Ngaji, wawancara dengan penyusun Tahsin Metode Bagdadi, pengasuh, pengurus dan peserta didik Sekolah Guru Ngaji penul|is menggunakan tekn|ik pengambilan data berupa tekn|ik sampl|ing snowball yang merupakan sebuah metode untuk meng|ident|if|ikas|i, memilih, dan mengamb|il sampel dalam suatu jar|ingan atau ranta|i hubungan yang menerus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) proses pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf dalam rangka meningkatkan kualitas bacaan Al-Quran melalui Metode Bagdadi di Sekolah Guru ngaji Pesantren Takhasus IIQ Jakarta ada tiga, yaitu a) Perencanaan yang meliputi pretest, membagi beberapa kelompok, menyiapkan media dan sumber belajar, dan membuat rubrik penilaian; b) Pelaksanaan yang meliputi pembacaan Sajak Tajwid sebelum berdoa, selanjutnya strategi S.U.B.U.H (salam, ulang, beri, uji dan hamdalah); c). Evaluasi pada setiap selesai talaqqi dan selesai pembahasan suatu materi untuk mengetahui hasil dari proses kegiatan pembelajaran. 2) Strategi dan metode yang diterapkan dalam pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf adalah strategi pembelajaran langsung dengan menerapkan metode ceramah, praktik dan demonstrasi. Dan juga strategi pembelajaran tidak langsung dengan menerapkan metode tanya jawab dan latihan. 3) Relevansi pembelajaran makharij al-huruf dan sifat al-huruf dalam meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an peserta didik adalah a) Peserta didik sadar untuk mengucapkan huruf demi huruf dengan bahasa yang fasih.; b) Peserta didik sadar terhadap pentingnya belajar makharij al-huruf dan sifat al-huruf untuk meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an; c) Peserta didik mampu menerapkan makharij al-huruf dan sifat al-huruf dalam bacaan Al-Qur’annya dan berupaya untuk menjaga kemurnian bacaan Al-Qur’an. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana IIQ Jakarta en_US
dc.subject Makharij Al-Huruf en_US
dc.subject Sifat Al-Huruf en_US
dc.subject Metode Bagdadi en_US
dc.title Pembelajaran Makharij Al-Huruf dan Sifat Al-Huruf dalam Meningkatkan Kualitas Bacaan Al-Qur’an Melalui Metode Bagdadi di Sekolah Guru Ngaji Pesantren Takhasus IIQ Jakarta en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account