dc.description.abstract |
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) SD Islam Al Amanah, Setu, Tangerang Selatan, mengungkapkan implikasi dari kontekstualisasi pembelajaran BTQ dan mengungkapkan rencana pengembangan untuk ke depannya. Dalam rangka menjadi pembelajaran bermakna bagi siswa perlu dilakukan kontekstualisasi dalam pelaksanaannya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dan sumbernya yang digali ada dua macam yaitu data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kontekstualisasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di SD Islam Al Amanah, Setu, Tangerang Selatan ada 3 aspek yaitu dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Implikasi dari kontekstualisasi pembelajaran BTQ di SD Islam Al Amanah ialah guru bisa lebih mengingat dan memperdalam kembali ilmu tentang Al-Qur’an yang pernah dipelajari, mengurangi kesulitan atau kendala peserta didik dalam mempelajari Al-Qur’an, peserta didik lebih disiplin dan pekerja keras, bersabar, mandiri, jujur, peserta didik memiliki sikap atau akhlak yang lebih bagus, nilai peserta didik sesuai target bahkan lebih, mendapatkan prestasi pada bidang Al-Qur’an, dan menjadi daya tarik sekolah, dan 3) Rencana pengembangan pembelajaran BTQ di SD Islam Al Amanah untuk ke depannya ialah pelatihan khusus bagi para guru BTQ, menambah jam pelajaran BTQ, mengajak Orang Tua/Wali peserta didik berkolaborasi, membuat sertifikat BTQ dan membebaskan SPP, dan menjadi syarat pengambilan ijazah. |
en_US |