DSpace Repository

Kontekstualisasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Siswa (Studi di SDI Al Amanah, Setu, Tangerang Selatan)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet
dc.contributor.advisor Sri Widyastri
dc.contributor.author Rian Ariandi, 219430264
dc.date.accessioned 2025-03-20T07:56:26Z
dc.date.available 2025-03-20T07:56:26Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4184
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) SD Islam Al Amanah, Setu, Tangerang Selatan, mengungkapkan implikasi dari kontekstualisasi pembelajaran BTQ dan mengungkapkan rencana pengembangan untuk ke depannya. Dalam rangka menjadi pembelajaran bermakna bagi siswa perlu dilakukan kontekstualisasi dalam pelaksanaannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data dan sumbernya yang digali ada dua macam yaitu data primer dan sekunder. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kontekstualisasi pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) di SD Islam Al Amanah, Setu, Tangerang Selatan ada 3 aspek yaitu dari segi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 2) Implikasi dari kontekstualisasi pembelajaran BTQ di SD Islam Al Amanah ialah guru bisa lebih mengingat dan memperdalam kembali ilmu tentang Al-Qur’an yang pernah dipelajari, mengurangi kesulitan atau kendala peserta didik dalam mempelajari Al-Qur’an, peserta didik lebih disiplin dan pekerja keras, bersabar, mandiri, jujur, peserta didik memiliki sikap atau akhlak yang lebih bagus, nilai peserta didik sesuai target bahkan lebih, mendapatkan prestasi pada bidang Al-Qur’an, dan menjadi daya tarik sekolah, dan 3) Rencana pengembangan pembelajaran BTQ di SD Islam Al Amanah untuk ke depannya ialah pelatihan khusus bagi para guru BTQ, menambah jam pelajaran BTQ, mengajak Orang Tua/Wali peserta didik berkolaborasi, membuat sertifikat BTQ dan membebaskan SPP, dan menjadi syarat pengambilan ijazah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana IIQ Jakarta en_US
dc.subject Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) en_US
dc.subject Minat Belajar Al-Qur’an en_US
dc.title Kontekstualisasi Pembelajaran Baca Tulis Al-Qur’an (BTQ) dalam Meningkatkan Minat Belajar Al-Qur’an Siswa (Studi di SDI Al Amanah, Setu, Tangerang Selatan) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account