DSpace Repository

Pemikiran Imam Az-Zarnuji (W.591 H) dalam Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Analisis Syair-Syair Ta’lim Al-Muta’allim)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muh. Ubaidillah Al-Ghifary Slamet
dc.contributor.advisor Pahrurroji
dc.contributor.author Ahmad Nuril Farihin, 219430241
dc.date.accessioned 2025-04-08T08:12:27Z
dc.date.available 2025-04-08T08:12:27Z
dc.date.issued 2023
dc.identifier.uri http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4189
dc.description.abstract Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi konsep metodologi pembelajaran perspektif Imam Az-Zarnuji dan menganalisa bentuk pengembangan metodologi pembelajaran pendidikan agama Islam melalui telaah syair-syair yang ada pada kitab Ta'līm al-Muta'allim. Tesis ini sependapat dengan penelitian yang dilakukan oleh Nirwan Il Yasin dan Siti Syuhada dalam jurnalnya berjudul “Syair Dalam Pendidikan Islam Madrasah As’ad Jambi Seberang” yang berkesimpulan bahwa masyarakat Jambi Sebrang menjadi magnet pendidikan Islam pada abad ke- 20 lantaran para Tuan guru di Madrasah tersebut menggunakan syair sebagai pendekatan pembelajaran. Metode penelitian dalam tesis ini menggunakan kajian pustaka dengan jenis penelitian kualitatif yang menggunakan pendekatan deskriptif analisis dan konten analisis melalui data dan sumber yang digali dari data primer dan sekunder yang ada. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah; secara konsep, metodologi pembelajaran dalam perspektif imam Az-Zarnūjī adalah pembelajaran dengan sistem relasi yang kuat antara konsep-konsep yang ditemukan, yakni syair sebagai strategi dan metode pembelajaran dengan ketiga ranah pendidikan baik kognitif, afektif, dan psikomotorik. Secara metodologis menemukan tiga strategi pembelajaran, yaitu strategi perencanaan, strategi at-ta’dībī, dan strategi kontinuitas; dan empat metode pembelajaran sebagai wujud nyata dari strategi-strategi yang ada, yaitu metode eksperimen, metode diskusi, metode kerjasama, dan metode drill. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Program Pascasarjana IIQ Jakarta en_US
dc.subject Pemikiran Az-Zarnuji en_US
dc.subject Pembelajaran Pendidikan Agama Islam en_US
dc.subject Syair-syair Ta’lim al-Muta’allim en_US
dc.title Pemikiran Imam Az-Zarnuji (W.591 H) dalam Pengembangan Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Analisis Syair-Syair Ta’lim Al-Muta’allim) en_US
dc.type Tesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account