Abstract:
Berbagai metode mengajar semakin bermunculan dengan
mengunggulkan masing-masing kelebihan daripada metode tersebut. Salah
satunya pada abad ke-21 ini, semakin marak metode hypnoteaching yang
sudah cukup tersebar luas di Indonesia ini, namun masih banyak kalangan
masyarakat di antaranya guru yang belum memahami esensi dari
hypnoteaching tersebut.
Dalam penelitian yang dilakukan, penulis ingin mengetahui adakah
korelasi yang kuat antara pendidikan karakter berbasis metode hypnoteaching
dengan perbaikan dan peningkatan karakter mahasiswa. Selain itu penulis
ingin menganalisis bagaimana sistem pembelajaran di ruang kelas, faktor apa
saja yang mendukung terlaksananya pendidikan karakter mahasiswa dan apa
saja nilai-nilai karakter yang termuat dalam mata kuliah yang diajarkan di
Kahfi BBC Motivator School Bintaro.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian yang
bersifat deksriptif analisis, dengan menguraikan keadaan atau fakta yang
sebenarnya sesuai yang terjadi di lapangan. Pendekatan yang digunakan yaitu
pendekatan kualitatif, dengan tahapan penelitian yaitu observasi, wawancara,
dan dokumentasi, lalu menggunakan teknik analisis data.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
hypnoteaching dalam penyampaian materi di Kahfi BBC Motivator School
Bintaro sangat efektif dan mampu membuat peserta didik tertarik, nyaman,
dan fokus selama berlangsungnya proses belajar. Serta terdapat korelasi yang
sangat kuat dan positif antara pendidikan karakter berbasis metode
hypnoteaching dengan perbaikan dan peningkatan karakter, sikap dan
perilaku mahasiswa Kahfi BBC Motivator School ke arah yang lebih positif.
Hal tersebut dibuktikan oleh keberadaan dosen yang mumpuni dalam bidang
hypnocommunication dan hypnoteaching, lingkungan kampus yang kondusif,
keteladanan oleh dosen dan senior, adanya respon positif dari keluarga dan
lingkungan mahasiswa dan mahasiswi Kahfi terhadap perubahan positif
dalam sikap dan perilaku mahasiswa dan mahasiswi setelah belajar di Kahfi,
mata kuliah yang berlandaskan Al-Qur’an dan Sunnah sehingga membuat
mahasiswa mengaplikasikan ilmu-ilmu yang memuat karakter positif di
kehidupan sehari-harinya tanpa paksaan maupun tekanan, melainkan
kesadaran dan kemauan diri sendiri.