Abstract:
Dalam kajian teori, penulis memaparkan pengertian,
sejarah dan karakteristik yang berkaitan dengan Efektivitas
Metode Turki Usmani dalam menghafal Al-Qur`an. Menghafal
Al-Qur`an dengan menggunakan Metode Turki Usmani tidak
berdasarkan juz dari juz 1 hingga 30 atau sebaliknya. Seperti
kebanyakan metode yang dipakai di Indonesia. Metode ini
adalah “metode acak”. yaitu, dengan menghafal satu halaman
dari juz satu pojok 20 yang mereka hafal dan setelah itu pindah
lagi satu halaman pada juz kedua pojok 20 dan begitu
seterusnya. Standar Al-Qur`an yang di pakai dalam menghafal
Al-Qur`an sistem Turki Usmani, terdiri dari 20 halaman setiap
juznya dan terdiri dari 15 baris setiap halamannya.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada
atau tidak ada korelasi yang signifikan antara Efektivitas
Penggunaan Metode Turki Usmani dengan Kemampuan
Menghafal Al-Qur`an.
Adapun untuk menjawab rumusan masalah di atas,
penulis menggunakan penelitian kepustakaan (library
research) dan penelitian lapangan (field research). Pendekatan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik korelasi
product moment, selain pendekatan kuantitatif, penulis juga
melakukan metode deskriptif analisis dari angket yang
disebarkan kepada Santri Putri Pondok Pesantren Tahfizhul
Qur`an Al-Qodr Tangerang sebanyak 30 santri putri dari
populasi 129.
Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat ditarik
kesimpulan bahwa dengan diketahui dari nilai rhitung lebih besar
dari pada rtabel pada taraf signifikan 5% maupun taraf
signifikan 1%. Hipotesis Alternatif (Ha) yang menyatakan
hubungan yang signifikan antara korelasi Metode Turki
Usmani dengan kemampuan Menghafal Al-Qur`an Santri Putri
Pondok Pesantren Tahfizhul Al-Qur`an Al-Qodr Tangerang
diterima sedang Hipotesis Nihil (Ho) ditolak.
Dengan demikian, karena nilai korelasi koefisien
sebesar 1,95, hal ini menunjukkan bahwa kekuatan hubungan
efektivitas penggunaan Metode Turki Usmani dalam
menghafal Al-Qur`an adalah sangat kuat atau sangat tinggi.