Abstract:
Dalam teknik pengumpulan data, peneliti memaparkan
peran teman dekat dalam peningkatan prestasi mata pelajaran di
Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data
melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.
Berdasarkan hasil penelitian penulis mengetahui
bahwasannya ada beberapa faktor yang ikut berperan
diantaranya lingkungan seperti dewan pengasuh, pengurus dan
teman. Semua santri di Pondok Pesantren Al Ihya ‘Ulumaddin
hidup berbaur dengan berbagai macam santri dan lingkungan
yang beragam. Dan memiliki teman dekat yang dianggap paling
bisa memahaminya kadang mereka terbawa dengan temantemannya,
asal mulanya santri itu berprestasi jadi menurun
sebaliknya juga kadang-kadang santri tidak berprestasi bisa
menjadi berprestasi dan mengalahkan para santri yang
berprestasi, itu disebabkan karena salah dalam memilih teman
bergaul.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa
kesimpulannya dari data yang diperoleh dari hasil wawancara
bahwa peran teman dekat di pondok pesantren Al Ihya
‘Ulumaddin putri Kesugihan Cilacap adalah bahwa pergaulan
itu sangat berperan penting terhadap prestasi seorang siswa
karena dari pergaulan santri itu dapat membuat karakter atau
sikapnya masing-masing. Jika pergaulan itu baik maka prestasi
seorang santri akan cenderung akan baik.