Abstract:
Selama ini banyak orang yang berpendapat bahwa untuk meraih prestasi belajar yang tinggi diperlukan kecerdasan Intelektual (IQ) yang juga tinggi. Namun menurut hasil penelitian terbaru dibidang psikolog membuktikan bahwa IQ bukanlah satu-satunya faktor yang mempengaruhi prestasi belajar seseorang, tetapi ada banyak faktor lain yang mempengaruhi salah satunya adalah kecerdasan emosional, dan untuk meningkatkan kecerdasan emosional diperlukan kreativitas, kreativitas disini bukan berkutat pada ranah psikomotorik tetapi juga dalam aspek kognitif dan efektif, sehingga peserta didik memiliki kecerdasan emosional yang baik.
Penelitian ini merupakan penelitian korelasi. Subyek penelitian ini berjumlah 52 responden. Pengumpulan data dengan menggunakan tes angket baik untuk variabel kreativitas siswa maupun variabel kecerdasan emosional. Data penelitian yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik. Pengujian hipotesis menunjukkan bahwa: terdapat hubungan antara variabel X (kreativitas siswa) dengan Variabel Y (kecerdasan emosional). Hubungan antara variabel X dengan Y dalam taraf rendah, ditunjukkan oleh koefisiens korelasi rxy= 0,27 artinya kreativitas siswa harus ditingkatkan agar kecerdasan emosional siswa semakin baik, karena semakin baik kreativitas siswa maka semakin baik juga kecerdasan emosional siswa, dan signifikan ditunjukkan oleh 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 = 2,25 Dengan 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 5% = 2,00 dari hasil perhitungan diperoleh 𝑡β β₯ 𝑡𝑡 ( 2,25 > 2,00), karena 𝑡β𝑖𝑡𝑢𝑛𝑔 lebih besar dari 𝑡𝑡𝑎𝑏𝑒𝑙 maka hipotesis diterima.
Dari data di atas dapat dijelaskan bahwa ada hubungan yang signifikan antara kreativitas dengan kecerdasan emosional pada siswa kelas VIII MTs Islamiyah Ciputat Tangsel, meski hubungan tersebut dalam taraf rendah.