Abstract:
Tesis ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Madrasatul Walidain pada kegiatan parenting dan menganalisis dampak dari implementasi program Madrasatul Walidain terhadap peningkatan pola asuh Islami orang tua di MI Bait Qur’any Ciputat Tangerang Selatan.
Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif, data diperoleh dari observasi, wawancara dengan kepala madrasah, koordinator Madrasatul Walidain, guru kelas, orang tua siswa dan siswa. Adapun untuk pengambilan data penulis menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan sebuah metode penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: 1) Implementasi program Madrasatul Walidain (MAWA) di MI Bait Qur’any Ciputat dilakukan melalui tiga tahapan utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan dirancang dengan melibatkan sekolah dan orang tua, menekankan keselarasan visi rumah-sekolah. Pelaksanaan dilakukan melalui pertemuan rutin dengan materi parenting Islami, penguatan karakter anak, serta sanksi edukatif bagi yang tidak hadir. Evaluasi dilakukan secara berkelanjutan melalui observasi perilaku anak, komunikasi dengan orang tua, dan penggunaan rapor kepribadian. 2) Penerapan program Madrasatul Walidain di MI Bait Qur’any Ciputat terbukti memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan pola asuh Islami orang tua: meningkatkan kesadaran peran, konsistensi nilai Islami, kedekatan orang tua-anak, serta kepercayaan diri dalam mendidik. MAWA menjadi jembatan sinergi antara pendidikan rumah dan sekolah untuk membentuk karakter anak yang religius dan berakhlak mulia.