Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pemanfaatan teknologi
digital dalam dunia pendidikan, khususnya dalam meningkatkan kualitas
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). YouTube sebagai platform berbagi
video dinilai memiliki potensi besar dalam mendukung inovasi metode mengajar
guru, agar proses pembelajaran menjadi lebih interaktif dan menarik bagi siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan/korelasi antara penggunaan
media YouTube dengan inovasi metode mengajar guru PAI di SMP Mumtaza
Islamic School.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode
korelasional. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket terhadap 101
siswa kelas VIII dan IX mata Pelajaran Fiqih. Data yang diperoleh kemudian
dianalisis menggunakan Teknik analisis statistik, yaitu uji korelasi pearson
product moment dengan bantuan SPSS versi 22.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang
signifikan antara penggunaan media YouTube dengan inovasi metode mengajar
guru PAI. Nilai korelasi pearson sebesar -0,131 dan signifikansi sebesar 0,191 >
0,05 mengindikasikan bahwa hubungan antara kedua variabel sangat lemah dan
tidak signifikan secara statistik.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media YouTube belum
mampu mendorong terjadinya inovasi metode mengajar guru PAI secara
signifikan. Hal ini menunjukkan bahwa pemanfaatan media digital harus
diimbangi dengan kreativitas, kompetensi pedagogik, dan peran aktif guru agar
dapat menghasilkan inovasi proses pembelajaran.