| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam
pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), seperti kurangnya partisipasi
dalam diskusi, tidak berani bertanya atau menjawab, serta belum optimalnya
penggunaan model pembelajaran yang digunakan. Model Problem Based
Learning (PBL) dinilai dapat menjadi alternatif untuk meningkatkan keaktifan
belajar siswa karena mendorong keterlibatan aktif dalam pemecahan masalah.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis implementasi
model PBL dan peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan
model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran PAI
di SMP Al-Hasra Depok. Metode yang digunakan pada Penelitian ini adalah
pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik observasi, wawancara, dan
dokumentasi. Adapun analisis data yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Subjek pada penelitian ini berjumlah enam informan,
yakni terdiri dari satu guru PAI, empat siswa kelas VII B, dan Wakil Kepala
Sekolah bidang kurikulum SMP Al-Hasra kemudian berupa dokumen
pembelajaran seperti modul ajar dan data kehadiran siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Implementasi model
pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMP Al-Hasra telah
terlaksana dengan baik melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi, yang melibatkan penyusunan modul ajar berbasis masalah
kontekstual. Peran guru sebagai fasilitator mendorong siswa untuk aktif
berdiskusi, bekerja sama, dan mencari solusi, sehingga PBL terbukti efektif
dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui 8 indikator keaktifan
seperti, berpartisipasi dalam menyelesaikan tugas dapat dilihat dari siswa yang
aktif dalam mencatat dan mengerjakan tugas, aktif mengajukan pertanyaan,
berdiskusi, mengevaluasi diri, dan menerapkan pengetahuan dalam kehidupan
sehari-hari, hal ini dapat dilhat dari siswa yang tidak hanya paham secara
konsep namun mampu menerapkan pengetahuan yang didapat ke dalam
kehidupan sehari-hari. Dengan demikian, PBL mampu mendorong keaktifan
belajar siswa secara menyeluruh dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) |
en_US |