DSpace Repository

Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di MTs Pembangunan Jakarta

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rohmah
dc.contributor.author Elis latipatus Sadiyah, 21312376
dc.date.accessioned 2025-11-06T08:31:16Z
dc.date.available 2025-11-06T08:31:16Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4279
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kecerdasan emosional dalam mendukung keberhasilan belajar, membentuk karakter, dan menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif. Berdasarkan observasi awal yang penulis lakukan, sebagian siswa menunjukkan kurangnya kemampuan dalam mengendalikan emosi, kesadaran diri, dan menjalin hubungan sosial yang baik dengan teman dan guru. Salah satu upaya untuk meningkatkan kecerdasan emosional adalah dengan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi program tahfiz Al-Qur’an dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa di kelas IX G program bilingual tahfiz MTs Pembangunan Jakarta, serta mengetahui apa saja faktor penghambat dan pendukung implementasi program tahfiz AlQur’an. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 informan, yaitu: kepala sekolah, guru tahfiz AlQur’an, serta 4 peserta didik MTs Pembangunan Jakarta dan teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi program tahfiz Al-Qur’an di MTs Pembangunan Jakarta mencakup 3 aspek utama. Yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Program tahfiz ini memberikan dampak yang signifikan dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Siswa yang mengikuti program kelas bilingual tahfiz menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mengenali dan mengendalikan emosi, mampu memotivasi diri dalam mencapai target, memiliki kepedulian terhadap sesama, dan mampu membina hubungan sosial yang baik. Adapun faktor pendukung implementasi program tahfiz Al-Qur’an yaitu, dukungan penuh dari stakeholder, peningkatan kompetensi guru tahfiz, dukungan orang tua, ketersediaan sarana dan prasarana, serta kemauan dan kesungguhan siswa. faktor penghambat yaitu, daya tangkap dan kemampuan menghafal yang berbeda-beda, tidak istiqomah dan disiplin waktu, kesulitan dalam menghafal ayat yang panjang dan mirip, serta kebingungan siswa dalam menentukan cara atau metode menghafal Al-Qur’an yang tepat. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Implementasi en_US
dc.subject kecerdasan emosional en_US
dc.subject Program Tahfiz Al-Qur’an en_US
dc.title Implementasi Program Tahfiz Al-Qur’an Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Di MTs Pembangunan Jakarta en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account