DSpace Repository

Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kualitas Berpikir Kritis siswa pada Pembelajaran PAI DI SMA Kharisma Bangs Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Dewi Maharani
dc.contributor.author Stevi Oktaviyani, 21312465
dc.date.accessioned 2025-11-06T08:38:01Z
dc.date.available 2025-11-06T08:38:01Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4281
dc.description.abstract Penelitian ini didasarkan pada pentingnya penguatan berpikir kritis dalam merespons persoalan keagamaan masa kini, serta masih minimnya keterlibatan aktif siswa dalam pembelajaran PAI yang bersifat tradisional. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan bagaimana Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini berjumlah tujuh orang, terdiri atas satu Kepala Sekolah, satu Guru Pendidikan Agama Islam, dan lima siswa kelas X SMA Kharisma Bangsa Tangerang Selatan yang terlibat langsung dalam proses pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode PBL menciptakan suasana belajar yang aktif dan kolaboratif, serta mendorong siswa untuk berpikir kritis. Guru menyusun pembelajaran berbasis masalah yang relevan dengan kehidupan siswa, sehingga mereka mampu menganalisis, mengevaluasi, dan menyampaikan ide secara logis. Kemampuan berpikir kritis siswa meningkat, terlihat dari kemampuan mengidentifikasi masalah, menyusun pertanyaan, menilai solusi, dan mengemukakan pendapat berbasis argumen. Metode PBL terbukti efektif dan layak diterapkan lebih luas dalam pembelajaran PAI. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject SMA Kharisma Bangsa en_US
dc.subject Berpikir Kritis en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Penerapan Metode Problem Based Learning dalam Meningkatkan Kualitas Berpikir Kritis siswa pada Pembelajaran PAI DI SMA Kharisma Bangs Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account