DSpace Repository

Penerapan Digitalisasi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adithiya Warman
dc.contributor.author Zakia Nabila, 21312482
dc.date.accessioned 2025-11-06T08:40:13Z
dc.date.available 2025-11-06T08:40:13Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4282
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi informasi yang pesat, yang mendorong institusi pendidikan untuk mengintegrasikan digitalisasi ke dalam proses pembelajaran, termasuk pada mata pelajaran PAI. Dalam hal ini, penerapan digitalisasi dalam pembelajaran PAI menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran melalui penggunaan teknologi yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menganalisis penerapan digitalisasi dalam pembelajaran PAI dikelas VIII SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan; (2) menganalisis cara guru PAI dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI dengan teknologi digital; (3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan digitalisasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengmpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah, guru PAI kelas VIII, 5 siswa kelas VIII di SMP Kharisma Bangsa. Teknik yang digunakan peneliti dalam menganalisis data kualitatif yaitu reduksi data, pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi dalam pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan meliputi penggunaan teknologi dalam pembelajaran, akses dan ketersediaan fasilitas, dan pelatihan guru terkait penggunaan digitalisasi. Cara guru PAI meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI dengan teknologi digital pada siswa kelas VIII SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan yaitu meningkatkan kualitas materi pembelajaran PAI dan mengikut sertakan keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI berbasis digital, mengintegrasikan teknologi untuk memperkuat daya ingat dan hafalan siswa dalam pembelajaran PAI berbasis digital, dan melakukan peninjauan rutin terhadap pencapaian belajar siswa. Adapun faktor pendukung penerapan digitalisasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI adalah ketersediaan infrastruktur teknologi dan adanya kegiatan pelatihan penggunaan teknologi bagi guru PAI. Sementara itu, faktor penghambat penerapan digitalisasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI adalah kurangnya interaksi sosial antar guru dan siswa serta siswa kurang menaati peraturan. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Digitalisasi en_US
dc.subject Efektivitas Pembelajaran en_US
dc.subject Pendidikan Agama Islam en_US
dc.title Penerapan Digitalisasi dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran PAI di SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account