| dc.description.abstract |
Latar belakang penelitian ini didasari oleh perkembangan teknologi
informasi yang pesat, yang mendorong institusi pendidikan untuk
mengintegrasikan digitalisasi ke dalam proses pembelajaran, termasuk pada
mata pelajaran PAI. Dalam hal ini, penerapan digitalisasi dalam pembelajaran
PAI menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran
melalui penggunaan teknologi yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk:
(1) menganalisis penerapan digitalisasi dalam pembelajaran PAI dikelas VIII
SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan; (2) menganalisis cara guru PAI
dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI dengan teknologi digital;
(3) menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat penerapan
digitalisasi dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Teknik pengmpulan data dilakukan melalui observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian meliputi Kepala Sekolah,
guru PAI kelas VIII, 5 siswa kelas VIII di SMP Kharisma Bangsa. Teknik yang
digunakan peneliti dalam menganalisis data kualitatif yaitu reduksi data,
pengumpulan data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan digitalisasi dalam
pembelajaran PAI pada siswa kelas VIII di SMP Kharisma Bangsa Tangerang
Selatan meliputi penggunaan teknologi dalam pembelajaran, akses dan
ketersediaan fasilitas, dan pelatihan guru terkait penggunaan digitalisasi. Cara
guru PAI meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI dengan teknologi digital
pada siswa kelas VIII SMP Kharisma Bangsa Tangerang Selatan yaitu
meningkatkan kualitas materi pembelajaran PAI dan mengikut sertakan
keterlibatan siswa dalam pembelajaran PAI berbasis digital, mengintegrasikan
teknologi untuk memperkuat daya ingat dan hafalan siswa dalam
pembelajaran PAI berbasis digital, dan melakukan peninjauan rutin terhadap
pencapaian belajar siswa. Adapun faktor pendukung penerapan digitalisasi
dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI adalah ketersediaan
infrastruktur teknologi dan adanya kegiatan pelatihan penggunaan teknologi bagi guru PAI. Sementara itu, faktor penghambat penerapan digitalisasi dalam
meningkatkan efektivitas pembelajaran PAI adalah kurangnya interaksi sosial
antar guru dan siswa serta siswa kurang menaati peraturan. |
en_US |