DSpace Repository

Penerpan Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Melalui Integrasi Metode Murāja’ah dan Metode Jama’ di MI Mumtaza Islamic Schoo

Show simple item record

dc.contributor.advisor Reksiana
dc.contributor.author Meyda Dzikriana, 21312419
dc.date.accessioned 2025-11-06T08:42:59Z
dc.date.available 2025-11-06T08:42:59Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4283
dc.description.abstract Penelitian ini bertolak dari urgensi pembelajaran tahfiz Al-Qur’an yang tidak hanya fokus pada kemampuan menghafal, tetapi juga pada pemeliharaan hafalan melalui metode yang sistematis dan terintegrasi. MI Mumtaza Islamic School mengimplementasikan integrasi antara metode murāja’ah dan metode jama’ untuk mengoptimalkan kualitas hafalan siswa. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menggambarkan proses penerapan pembelajaran tahfiz yang menggabungkan kedua metode tersebut serta mengevaluasi dampaknya terhadap capaian hafalan peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan pendekatan Miles dan Hubemen melalui proses reduksi, penyajian, serta penarikan kesimpulan. Keunikan penelitian ini terletak pada pendekatannya yang menggabungkan dua metode secara bersamaan dalam praktik pembelajaran di tingkat sekolah dasar, yang belum banyak dijumpai pada penelitian sebelumnya. Temuan penelitian menunjukkan bahwa integrasi metode murāja’ah dan jama’ dilaksanakan melalui jadwal terstruktur, pembagian kelompok berdasarkan tingkat hafalan, serta evaluasi berkala. Hasilnya, strategi ini memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan hafalan siswa. Simpulan dari penelitian ini menyatakan bahwa penerapan integrasi kedua metode secara konsisten mampu mendukung keberhasilan program tahfiz Al-Qur’an dan menciptakan suasana belajar yang mendukung dan berkelanjutan en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Pembelajaran Tahfiz en_US
dc.subject MI Mumtaza Islamic School en_US
dc.subject Integrasi Metode en_US
dc.subject Murāja’ah, Jama en_US
dc.title Penerpan Pembelajaran Tahfiz Al-Qur’an Melalui Integrasi Metode Murāja’ah dan Metode Jama’ di MI Mumtaza Islamic Schoo en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account