| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya lembaga pendidikan yang
memiliki program tahfiz Al-Qur’an. Salah satunya MI Mumtaza, selain
kurikulum nasional, MI Mumtaza memiliki kurikulum cambridge dan
kurikulum tahfiz. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan
pembelajaran tahfiz dalam mencapai target hafalan siswa di MI Mumtaza
Islamic School, Pondok Cabe, Tangerang Selatan.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif
dengan jenis pendekatan penelitian lapangan (field research). Teknik
pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan
dalam penelitian berjumlah 9 orang meliputi kepala sekolah, koordinator
tahfiz, guru tahfiz, wali kelas, dan 5 peserta didik. Teknik analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran tahfiz di MI
Mumtaza dilaksanakan secara sistematis dimulai dengan menentukan tujuan
pembelajaran dan pembagian target hafalan yang jelas per jenjang kelas.
Setelah itu melakukan perencanaan pembelajaran dengan membuat RPP.
Selanjutnya metode yang digunakan meliputi talaqqi, muraja’ah, dan setoran
harian yang diawasi langsung oleh guru tahfiz. Faktor pendukung keberhasilan
meliputi lingkungan sekolah yang kondusif, keterlibatan orang tua dan
motivasi internal siswa. Secara keseluruhan, pembelajaran tahfiz di MI
Mumtaza telah berjalan efektif dalam membantu siswa mencapai target hafalan
yang ditetapkan. |
en_US |