| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang
menunjukkan ketidakdisiplinan yang kurang baik, seperti datang ke sekolah
tidak tepat waktu, ketidak konsentrasian saat pembelajaran berlangsung,
mencontek saat ulangan, dan tidak berpakaian rapih saat sekolah. Hal ini
menandakan bahwa belum berjalan dengan baik peningkatan kedisiplinan di
sekolah. Salah satu faktor yang dirasa mampu mempengaruhi kedisiplinan
siswa adalah pembiasaan salat berjamaah. Oleh karena itu disini peneliti akan
meneliti, adakah pengaruh pembiasaan salat berjamaah terhadap kedisiplinan
siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tangerang Selatan. Tujuan penelitian
ini adalah untuk mengetahui pengaruh pembiasaan shalat berjamaah terhadap
kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tangerang Selatan.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan
metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan jumlah
populasi 558 siswa kelas 1 sampai 6, dan diambil sampel berjumlah 118
siswa kelas 4 dan 5. Sedangkan untuk menguji hipotesis peneliti
menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil perhitungan menggunakan analisis regresi linear sederhana
diperoleh thitung sebesar 2,495 > 1,980 t
tabel. Maka Ha diterima dan Ho
ditolak, terdapat pengaruh positif yang signifikan antara pembiasaan shalat
berjamaah terhadap kedisiplinan siswa, hal ini berarti semakin tinggi
pembiasaan shalat berjamaah maka kedisiplinan siswa semakin tinggi
pengaruhnya. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang
signifikan antara pembiasaan shalat berjamaah terhadap kedisiplinan siswa
Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Tangerang Selatan sebesar 1,4%, sedangkan 98,6%
lainnya kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh minat dari diri siswa, faktor
lingkungan keluarga, pertemanan, motivaasi dan lain-lain yang tidak
termasuk dalam penelitian ini |
en_US |