DSpace Repository

Analisis Implementasi Ghazalian Method dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe

Show simple item record

dc.contributor.advisor Siti Rohmah
dc.contributor.author Luthfi Efira Damayanti, 21312411
dc.date.accessioned 2025-11-06T08:52:10Z
dc.date.available 2025-11-06T08:52:10Z
dc.date.issued 2025
dc.identifier.uri https://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/4287
dc.description.abstract Permasalahan moral dan kemunduran karakter religius di kalangan remaja menjadi tantangan besar dalam dunia pendidikan saat ini. Pendidikan karakter yang hanya dibebankan pada guru agama seringkali belum mampu membentuk kepribadian yang utuh. Untuk itu, diperlukan pendekatan pendidikan yang lebih menyeluruh dan spiritual. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi Ghazalian Method konsep pendidikan akhlak menurut Imam Al-Ghazali dalam pembentukan karakter religius siswa di MI Mumtaza Islamic School. Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana metode Al-Ghazali dapat diterapkan secara efektif dalam membentuk karakter religius siswa di sekolah dasar. Penelitian ini berbeda dengan kajian-kajian sebelumnya yang hanya menitikberatkan pada kegiatan keagamaan sebagai sarana pembentukan karakter. Dalam penelitian ini, Ghazalian Method dianalisis sebagai pendekatan yang bersifat menyeluruh, mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik melalui lima tahapan utama: keteladanan, pembiasaan, nasihat, tazkiyatun-nafs (penyucian jiwa), serta hukuman dan ganjaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam oleh 6 informan, observasi, dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, koordinator keagamaan, guru Akidah Akhlak, dan siswa kelas V MI Mumtaza Islamic School. Data yang terkumpul dianalisis secara kualitatif melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Ghazalian Method mampu membentuk karakter religius siswa secara signifikan, ditandai dengan meningkatnya kedisiplinan ibadah, kesantunan dalam berperilaku, serta sikap tanggung jawab dan empati terhadap sesama. Kelima tahapan metode diterapkan secara konsisten dalam kegiatan pembelajaran dan budaya sekolah. Kesimpulannya, pendekatan Al-Ghazali terbukti relevan dan aplikatif dalam pendidikan karakter religius di era modern. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher Institut Ilmu Al-Qur'an (IIQ) Jakarta en_US
dc.subject Analisis Implementasi en_US
dc.subject Ghazalian Method en_US
dc.subject karakter religius en_US
dc.title Analisis Implementasi Ghazalian Method dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa MI Mumtaza Islamic School Pondok Cabe en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search DSpace


Advanced Search

Browse

My Account