| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa SMPIT Al-Ghazali yang tidak
mencapai target hafalan, yaitu ada 8 siswa dari 20 siswa, sedangkan siswa
tidak belajar pelajaran umum. Dalam hal ini maka diperlukan strategi-strategi
untuk mengatasi masalah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
bagaimana strategi pembelajaran tahfizh pada program takhassus Al-Qur’an
di SMPIT Al-Ghazali Bekasi.
Penelitian ini menggunakan pendekatakan kualitatif dengan jenis
penelitian deskriptif. Tempat penelitian dilaksanakan di SMPIT Al-Ghazali
Bekasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Guru Tahfizh, 5 siswa
takhassus Al-Qur’an, 3 wali murid. Teknik pengumpulan data yang digunakan
pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan
Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data,
dan penarikan Kesimpulan.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran
tahfizh Al-Qur’an di SMPIT Al-Ghazali sudah berjalan dengan baik, yang
mencakup manajemen yang telah dilakukan dan diterapkan, waktu menghafal
yang tepat, lingkungan yang mendukung untuk menghafal, dan dukungan
penuh dari orang tua serta pimpinan lembaga. (2) Faktor pendukung dan
penghambat yang mempengaruhi pembelajaran tahfizh Al-Qur’an pada
program takhassus Al-Qur’an di SMPIT Al-Ghazali: (a) faktor pendukung:
faktor kesehatan, faktor psikologis, faktor motivasi, faktor waktu. (b) faktor
penghambat: tidak istiqamah dalam melakukan sima’an, ada beberapa siswa
yang belum menguasai makhârijul ḥurûf dan tajwid, sering lupa, guru tahfizh
sebelumnya belum hafal 30 juz dan sering berganti-ganti guru |
en_US |