| dc.description.abstract |
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait
karakter toleransi yaitu sulitnya penerapan masalah toleransi,
sulitnya membedakan praktik toleransi, serta tidak banyaknya
keanekaragaman yang berkaitan dengan toleransi. Tujuan
penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guruPAI dalam
penguatan pendidikan karakter toleransi pada siswa MI Hidayatul
Athfal Depok.
Metode yang digunakan peneliti adalah pendekatan kualitatif
dengan metode deskriptif. Data premier dan data sekunder
dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Teknik analisis yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian
data, dan penarikan kesimpulan. Adapun jumlah informan dalam
penelitian ini sebanyak 7 informan yang terdiri dari kepala sekolah,
2 guru PAI, dan 4 siswa.
Temuan dalam penelitian ini Pertama, Penguatan
pendidikan karaktertoleransi yaitu Guru menggunakan metode
pembelajaran interaktif seperti menggunakan metode diskusi kelas,
karena strategi diskusi secara efektif siswa diajak untuk berbagi
pandangan dan belajar menghargai pendapat orang lain. Kedua,
Integrasi nilai toleransi dalam materi pembelajaran: Guru PAI
secara aktif mengintegrasikan nilai-nilai toleransi ke dalam materi
pembelajaran agama Islam, seperti SKI yang dimana mengajarkan
tentang hijrah ke Madinah, dan Rasulullah Saw. mengajarkan
kepada umatnya tentang toleransi terhadap sesama lingkungan
negara, suku, agama. Ketiga, Pembiasaan sikap toleransi antar
suku dan budaya, Guru PAI berusaha menanamkan pembiasaan
perilaku toleran melalui kegiatan sehari-hari di sekolah. Contohnya
guru mendorong siswa untuk menghormati, mendengarkan pendapat teman yang berbeda suku, dan menghindari sikap
diskriminatif |
en_US |