Abstract:
Pembelajaran akidah akhlak adalah salah satu kurikulum yang
diajarkan pada tahapan tingkat menengah, yang di mana sangat
memberikan pengaruh besar terhadap tingkah laku peserta didik, baik di
lingkungan sekolah maupun di luar sekolah. Agar seseorang memiliki
akidah yang kuat dan akhlak mulia salah satu caranya itu adalah dengan
mempelajari akidah akhlak dengan indikator keberhasilan pembelajaran
akidah akhlak adalah mencakup tiga ranah, yaitu aspek afektif, kognitif
dan psikomotorik.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi
pembelajaran akidah akhlak pada karakter siswa kelas VIII di MTs Nurul
Furqon dan sejauh mana upaya yang dilakukan guru akidah akhlak
dalam menerapkan karakter. Metode pengumpulan data dalam
penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan
dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu: Kepala Madrasah, guru
aqidah akhlak dan sebagian siswa di MTs Nurul Furqon Bogor.
Hasil penelitian menunjukan bahwa; Implementasi pembelajaran
Akidah Akhlak dalam membentuk karakter siswa di MTs Nurul Furqon
Bogor antara lain: Pertama, Memberikan kesadaran dalam diri siswa
untuk selalu bersikap baik berlandaskan akidah dan akhlak yang mulia
serta mengarahkan siswa agar berperilaku qana’ah, syukur, sabar dan
tawakal. Kedua, Pembelajaran aqidah akhlak sangat penting bagi siswa,
sehingga perlu keseriusan dalam pembelajarannya. Hal ini bertujuan
untuk membentuk akhlak karimah para siswa dan menjadi tuntutan bagi
guru untuk mencontohkan suri tauladan yang baik kepada siswa. Upaya
yang dilakukan guru akidah akhlak guna mencetak peserta didik yang
memiliki sifat qana’ah, syukur, sabar dan tawakal, adalah seorang
pendidik harus menjadi suri tauladan bagi para peserta didik dalam
melaksanakan sifat-sifat tersebut. Tepatnya, qana’ah, syukur, sabar dan
tawakal terbentuk dari penggabungan antara teori dan praktik yang diberikan oleh guru.