Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman mahasiswa IIQ
Jakarta terhadap mata kuliah Ilmu Qirā`āt dinilai minim sedangkan ilmu
Qirā`āt merupakan salah satu mata kuliah kekhususan IIQ Jakarta dan
dipelajari selama VI semester. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui peran Hemas Qirā`āt yang diadakan di Pesantren Takhasus IIQ
Jakarta apakah berperan dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah
Ilmu Qirā`āt.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Sumber data utama
penelitian ini adalah pengurus Pesantren Takhasus IIQ Jakarta, Instruktur
Hemas Qirā`āt, dan mahasiswi peserta Hemas Qirā`āt. Teknik pengumpulan
data melalui Teknik observasi participatory dan non participatory,wawancara
semi-terstruktur dan dokumentasi. Adapun Teknik analisis data yaitu reduksi
data, penyajian data, dan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Hemas Qirā`āt berperan
dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Qirā`āt melalui 6
indikator yang meningkatkan pembelajaran, yaitu: 1) Relevansi dengan tujuan
pembelajaran, Hemas Qirā`āt relevan dengan tujuan pembelajaran karena
Hemas Qirā`āt merupakan kegiatan pendukung pembelajaran Ilmu Qirā`āt. 2)
Meningkatkan pemahaman materi, Hemas Qirā`āt membantu mahasiswa
meningkatkan materi baik dari segi pemahaman teori, mampu menganalisis,
menjama’ dan mempraktikkan kaidah-kaidah. 3) Mendorong partisipasi aktif,
mahasiswa yang mengikuti Hemas Qirā`āt aktif dalam pembelajaran di
perkuliahan. 4) Meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif,
mahasiswa peserta Hemas Qirā`āt mampu menganalisis, menjama’ dan
mempraktikkan kaidah-kaidah Qirā`āt dengan baik dan kreatif dalam berbagi
pemahaman dengan teman-teman yang lain. 5) Memberikan umpan balik,
peserta Hemas Qirā`āt mampu mengevaluasi dan mengukur sejauh mana
pemahamannya terhadap ilmu Qirā`āt. 6) Metode pembelajaran yang bervariatif, di kelas Hemas Qirā`āt menggunakan metode pembelajaran yang
sangat bervariatif sehingga memotivasi mahasiswa lebih semangat dalam
pembelajaran ilmu Qirā`āt di perkuliahan.